Candi Prambanan, Destinasi Wisata Favorit Turis Mancanegara

Salah satu destinasi wisata populer di Jogja yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara adalah candi Prambanan. Candi bercorak Hindu ini berada di perbatasan antara Jogja dan Jawa Tengah. Tepatnya di daerah yang bernama Prambanan. Penamaan candi tersebut memang sesuai dengan keberadaan candi yakni di Kecamatan Prambanan. Lokasi ini dekat dengan wisata Tebing Breksi.

Karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Kota maka anda yang sedang berkunjung ke Jogja bisa mendatangi destinasi wisata ini dengan menggunakan jasa persewaan mobil. Tips rental mobil hemat di Jogja adalah pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan sewalah mobil dengan tarif harian.
 
Puncak Prambanan. Sumber Unsplash

Sejarah Candi Prambanan

Pada masa lalu terdapat dua klan atau wangsa yang saling bersaing. Klan itu adalah wangsa Sanjaya penganut Hindu dan wangsa Sailendra penganut Buddha. Dengan dibangunnya candi Prambanan menandai bahwa Hinduisme aliran Saiwa kembali mendapat dukungan keluarga kerajaan, setelah sebelumnya wangsa Sailendra cenderung lebih mendukung Buddha aliran Mahayana. Karena itu bisa dikatakan bahwa kerajaan Medang beralih fokus dukungan keagamaanya, dari Buddha Mahayana ke pemujaan terhadap Siwa atau Hinduisme.

Tahun 850 Masehi adalah tahun di bangunnya candir Prambanan oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan dilanjutkan oleh Raja Lokapala dan raja Balitung Maha Sambu. Bangunan candi ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa, dan nama asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha (berarti: 'Rumah Siwa') atau Siwalaya. Hal ini sesuai dengan Prasasti Siwagrha yang dikeluarkan pada tahun 856 M.

Dalam prasasti ini disebutkan bahwa saat pembangunan candi Siwagrha bersamaan dengan kerja bakti perubahan tata air untuk memindahkan aliran sungai Opak yang berada di dekat candi ini. Bekas aliran sungai asli kemudian ditimbun untuk memberikan lahan yang lebih luas bagi pembangunan deretan candi pengawal atau candi pendamping.

Bangunan ini secara berkala terus disempurnakan oleh raja-raja Medang Mataram, seperti raja Daksa dan Tulodong, dengan membangun ratusan candi-candi tambahan di sekitar candi utama. Candi Prambanan yang megah ini berfungsi sebagai candi agung Kerajaan Mataram, tempat digelarnya berbagai upacara penting kerajaan.

Masuk Dalam Daftar Situs Warisan Dunia

Candi Prambanan, yang berbentuk lancip dengan gaya khas Hindunya masuk dalam daftar situs warisan dunia yang harus di jaga. UNESCO melihat bahwa bangunan bersejarah ini unik dan menarik. Dengan bangunan candi yang menjulang hingga mencapai ketinggian 47 meter, dan dikelilingi oleh candi pendamping candi Prambanan merupakan candi dengan bangunan megah.

Selain Prambanan, Candi borobudur yang berada di Jaw Tengah juga maasuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Bangunan ini merupakan candi Budha dan secara dimensi lebih besar dari pada bangunan candi Prambanan yang berada di Jogja.

Sendra Tari Ramayana

Di sekeliling Candi prambanan akan ditemui relief dari kisah Ramayana. Kisah Ramayana ini dapat terbaca dimulai dari dinding timur candi. jika anda berkenan ingin mengetahui kisah Ramayana secara jelas, anda bisa melihat pertunjukan sendara tari Ramayana yang di gelar di malam hari. Lokasi pertunjukan berada di panggung terbuka trimurti yang ada di belakang Candi Prambanan.

Pertunjukan ini biasanya dimulai dari jam 19:30 sampai selesai. Tikel untuk melihat pertunjukan ini dibandrol dengan harga cukp mahal yakni mulai dari 125.000 rupiah sampai 400.000 rupiah. Meskipun tiket masuk dari pertunjukan ini cukup mahal namun banyak penonton yang antusias menontonnya. Bahkan dengan menyewa bus di perusahaan sewa bus Jogja para wisatawan datang secara berombongan. Dengan latar belakang bangunan candi pertunjukan ini dikemas dengan bagus. 

Kompleks Candi prambanan. Sumber Unsplash
Wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan latar belakang di bangunnya Candi Prambanan biasanya malah wisatawan mancanegara. Mereka yang datang menggunakan jasa paket wisata Yogyakarta tours juga sekaligus membawa pemandu wisata sehingga memudahkan komunikasi.

Konten YouTube

Pertunjukan sendra tari Ramayana sebenarnya cukup bagus dan memiliki ni;ai jual yang sangat tinggi. Hanya saja mungkin kurangnya penyebaran informasi sehingga masyarakat pecinta wisata kurang mengetahui keberadaan pertunjukan itu. Sebenarnya video Sendra tari tersebut bisa di promosikan melalui youtube dengan optimasi youtube. Salah satunya dengan membangun backlink youtube.











Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)