Goa Peninggalan Jepang di Bantul

Beratus ratus tahun yang lalu Indonesia dijajah oleh bangsa asing. Dari Belanda, Jepang, Inggris dan Portugis. Penjajah selain mengambil barang komoditas yang merupakan tujuan penjajahan juga meninggalkan kebudayaan atau bekas bangunan yang dulu didiaminya yang kini dialihfungsikan menjadi bangunan cagar budaya dan tujuan wisata. Termasuk Goa Jepang yang ada di Pundong, Bantul.

Spot selfie. Sumber IG nuru_rohmah 
Dalam bahasa Indonesia pun banyak yang menyerap dari bahasa Belanda. Demikian pula sistem peradilan juga masih mengadopsi warisan belanda. Akan tetapi meskipun pada masa lampau penjajahan mengakibatkan kemunduran, kebodohan dan penderitaan akan tetapi bekas penjajah, terutama bangunan bisa anda lihat sekarang dialihfungsika sebagai tempat wisata atau sebagai landmark suatu kota.

Anda bisa melihat di pusat kota Jogja, bangunan Bank BNI ataupun Kantor Pos Besar Jogja merupakan bangunan masa penjajahan yang ditinggalkan penjajah Belanda. Demikian pula di kota lainnya, misal Lawang Sewu di Semarang atau Musium Gajah di Jakarta. Bangunan bangunan tersebut menjadi land mark ciri khas suatu kota sekaligus sebagai tempat wisata dan bangunan tersebut adalah warisan penjajah.

Saat ini banyak perusahaan penyedia paket wisata dan rental mobil Jogja yang memasukkan beberapa bangunan bersejarah sebagai list kunjungan wisata yang ditawarkan kepada konsumen. Selain murah ternyata destinasi wisata ini memiliki keunikan tersendiri.

Goa Jepang di Bantul

Peninggalan dari penjajahan Jepang yang saat ini masih populer adalah Gua Jepang yang banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Tercatat gua Jepang ditemukan di Bali, Bandung, Bukittinggi dan beberapa tempat di Jogja. Di Jogja sendiri gua peninggalan Jepang berada di Kaliurang, Berbah Sleman dan Bantul. Rata rata gua jepang yang ada di berbagai daerah di Indonesia terkenal dengan cerita mistis dan menyeramkan.

Memang gua Jepang dalam pembuatannya memiliki fungsi pertahanan. Ada yang mengatakan gua Jepang di gunakan oleh tentara Jepang untuk tempat penyiksaan atau tempat penahanan sehingga terdapat banyak kasus pembunuhan dan kematian. Karena itulah kesan mistis dari gua Jepang yang ada menjadi kian jelas.

Tujuan Pembuatan

Di Pundong Bantul, konon dahulu tentara Jepang membangun pertahanan di dekat pantai selatan Jogja dalam bentuk benteng dan gua yang sekarang anda bisa melihat peninggalannya. Pembangunan itu bertujuan untuk menghadang laju pasukan sekutu yang akan memasuki Indonesia melalui jalur laut.

Anda masih bisa melihat struktur bangunan gua yang dibuat sedemikian rupa seperti terdapat menara pengawas di atasnya yang menghadap ke selatan. Hal ini dimaksudkan agar prajurit bisa mengintai garis pantai. Karena serangan dari sekutu bisa saja melalui pantai selatan pulau Jawa. Di bangunan gua terdapat juga lubang berukuran relatif lebih kecil yang menghadap keluar, yang berfungsi untuk mengintai dan melakukan serangan secara tersembunyi.

Peperangan masa lalu dapat anda lihat dari peninggalan yang ada. Tetapi pada masa sekarang peninggalan peperangan masa lalu di jadikan tempat wisata. Sehingga kesan angker, seram, kekejaman dan penderitaan sudah mulai hilang. Seperti di gua Jepang Bantul, pengelola menambahkan spot spot untuk berselfie di bagian puncak bukit gua Jepang.

Pemandangan Goa Jepang Bantul

Goa Jepang. Sumber IG blusukanbantul

Dari atas bukit goa Jepang, anda bisa melihat pemandangan garis pantai selatan dan berdiri diatas maket kelopak bunga sepatu raksasa yang merupakan spot untuk mengambil gambar. Hal inilah yang menjadikan wisata gua jepang di Bantul di kunjungi wisatawan yang sebagian besar dari kaum muda. Dari atas bunga raksasa itulah anda bisa mengambil foto dengan latar belakang lautan yang luas dan juga semilir angin pantai dapat terasa berhembus dengan segar.

Selain sebagai destinasi wisata selfie Goa Jepang di Bantul ini juga menjadi tujuan para pecinta olahraga bersepeda. Bagi anda yang memiliki hoby menanjak dengan sepeda, anda bisa mengetes kemampuan bertahan di atas pedal dengan menaiki tanjakan yang menuju ke Goa Jepang.

Demikian ulasan mengenai Goa Jepang di Bantul yang selalu ada pada daftar paket wisata Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa membaaca artikel lainnya tentang sewa bus di Jogja. Terima kasih.















Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)