Faktor Penentu Harga Kitchen Set


Anda ingin memiliki kitchen set yang berkualitas? Di Jogja terdapat jasa pembuatan kitchen set yang dapat memberikan Anda desain sesuai dengan permintaan Anda. Salah satu desain dapur yang lagi on akhir-akhir ini adalah desain minimalis. Karena dapur yang minimalis dapat lebih efektif dan terlihat cocok dengan desainnya yang elegan. Tetapi, berapa harga kitchen set yang seperti ini?

Sebenarnya masalah harga ini berbeda-beda. Bisa didiskusikan oleh karena hal ini cederung fleksibel. Namun perlu diketahui, kitchen set sangat beragam dan bervariasi mulai dari bahan dasar hingga modelnya. Karena memiliki variasi tersebut menyebabkan harga pembuatan kitchen set berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor. Berikut ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga dalam proses pembuatan kitchen set.

1. Luas tempat

Luas tempat yang akan dijadikan untuk membuat kitchen set sangat mempengaruhi harga pembuatannya. Semakin besar luas kitchen set yang akan dibuat maka biayanya akan semakin mahal. Luas tempat juga akan mempengaruhi desain kitchen set yang akan dibuat. Sesuaikan luas tempat kitchen yang akan anda buat dengan budget yang ada.
Tampilan Dapur


2. Bahan dasar

Bahan dasar pembuatan kitchen set sangat bervariasi. Bahan dasar tersebut pastinya memiliki harga yang berbeda-beda karena memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tentukan bahan dasar yang sesuai dengan kebutuhannya anda terlebih dahulu dalam pembuatan kitchen set. Berikut ini ada beberapa bahan dasar pembuatan kitchen set:
  • Multiplex atau biasa disebut dengan plywood atau tripleks. Multiplex merupakan kayu lapis atau lembaran kayu yang memiliki ketebalan beragam. Bahan ini paling banyak dipilih untuk digunakan pembuatan kitchen set karena mudah dibentuk dan kuat. Semakin tebal multiplex yang ada pilih harganya akan semakin mahal dan rata-rata harganya ialah kisaran Rp 30.000 sampai Rp 100.000 per lembar.
  • Solid wood, merupakan kayu yang masih dalam bentuk gelondongan hasil pembelahan batang pohon. Material yang satu ini terbilang mahal harganya. Akan tetapi material ini kuat, tahan terhadap serangan rayap, dan tahan air.
  • Kayu MDF, kepanjangannya ialah medium density fibreboard. Material ini berasal dari kayu halus yang kemudian dipadatkan. Pemadatan kayu ini menggunakan suhu tinggi dengan bahan kimia yang dinamakan dengan resin. Material ini berbentuk lembaran dan dapat dipotong pada saat proses pembuatan kitchen set.
  • Block board merupakan serpihan kayu yang juga dipadatkan. Bedanya setelah dipadatkan akan ditambahi pelapis berupa banner di permukaannya. Material ini memiliki harga yang cenderung murah tapi tidak terlalu kuat.
  • Particle board merupakan material yang paling murah namun tidak tahan terhadap air. Material ini merupakan padatan dari campuran serpihan, potongan, dan serbuk kayu. Proses pembuatan particle board hampir sama dengan pembuatan MDF.
Tampilan Dapur


3. Desain kitchen set

Desain juga sangat menentukan harga pembuatan kitchen set. Karena desain yang beragam sehingga banyak yang mengidolakan kitchen set berbentuk modern. Kerumitan dalam pembuatan desain kitchen set menyebabkan harganya bervariasi. Anda harus menyesuaikan budget anda dengan desain yang anda inginkan.

4. Jenis finishing kitchen set

Tujuan dari finishing kitchen set adalah untuk mempercantik dapur anda. Selain itu finishing kitchen set juga dapat membuat bahan dasar menjadi awet. Banyak pilihan finishing kitchen set ini dapat mempengaruhi harga, karena bahan yang digunakan untuk finishing memiliki harga yang berbeda-beda. Anda dapat menyesuaikan finishing sesuai dengan budget anda.

Pilihan finishing kitchen set yang dapat anda pilih di antaranya ialah melanic, HPL, decosheet, duco, dll. Anda dapat memilih jenis melanic jika anda menginginkan motif atau urat kayu pada kitchen set anda. Sedangkan duco dapat anda pilih jika anda menginginkan kitchen set dengan warna yang solid.
Anda dapat menentukan perkiraan harga pembuatan kitchen set setelah anda menentukan berbagai faktor tersebut. Harga kitchen set biasanya ditentukan dengan satuannya yaitu per meter. Yang dihitung per meter ini hanya material yang dipilih dan lemari kabinet serta pemasangannya. Jadi kompor dan peralatan masak lainnya belum terhitung.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda. Simak info menarik lainnya di halaman blog sophienne.

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)