Tips Ampuh Agar Tetap Sehat Saat Makan Kuliner Pedas


Indonesia terkenal dengan kulinernya. Salah satunya adalah kuliner yang bercita rasa pedas. Beberapa daerah yang sering dikenal dengan kulinernya yang berlemak dan pedas adalah Padang. Makanan padang sering menjadi favorit karena berbumbu rempah nan pedas. Jika Anda berkesempatan untuk wisata ke Padang bersama pakej percutian Padang, jangan lewatkan untuk mencicipi kulinernya.

Bagaimana dengan Anda yang tidak sanggup makan kuliner pedas? Jangan khawatir. Sebenarnya ada cara agar sedikit demi sedikit tubuh kita terlatih untuk bisa makan pedas. Asalkan jangan berlebihan. Berikut beberapa tips agar tetap sehat saat makan pedas.

1. Sesuaikan Tingkat Kepedasan


Bagi Anda yang suka kulineran, doyan terhadap makan bercita rasa pedas tentu tidak asing dengan level-level tingkat kepedasan. Tidak jarang setiap pelaku usaha kuliner untuk menarik pelanggan membuat berbagai variasi tingkat kepedasan.

Dendeng Khas Padang, sumber : MerahPutih


Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk menyantap makanan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Karena setiap orang tentu memiliki ketahanan tubuh yang berbeda-beda. Jangan memaksakan diri untuk mencoba makanan yang terlampau ekstrim jika tidak ingin mengalami gangguan pencernaan.

2. Perhatikan Porsi Makan


Tips menjaga kesehatan bagi para pencitan kulineran pedas selanjutnya adalah mengatur porsi makan. Untuk sebagian besar orang, makanan pedas bisa meningkatkan selera makan. Tidak jarang, hal ini sering membuat banyak orang mengkonsumsi makanan pedas dengan lahap tanpa memperhatikan porsi makannya.

Bagi kamu yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, penting untuk memperhatikan porsi makan saat mengkonsumsi makanan pedas. Meski begitu, kamu yang dalam kondisi sehat pun juga tetap harus memperhatikan porsi makan. Karena, segala hal yang berlebihan pasti tidak baik. Oleh karena itu, makanlah secukupnya. Jangan berlebihan atau kekurangan nutrisi makan.

3. Hindari Makan Pedas Saat Perut Kosong


Jika Anda ingin menyantap makanan pedas, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut saat perut sedang kosong. Saat perut sedang kosong bukan berarti perut Anda tidak bekerja, perut Anda tetap bekerja dengan menghasilkan cairan asam lambung terus-menerus walaupun ada atau tidak adanya makanan yang masuk ke dalam perut.

Untuk itu, Bagi Anda yang sedang perut kosong disarankan untuk memakan buah-buahan dan menghindari makanan pedas. Menyantap makanan pedas saat perut kosong akan menyebabkan asam lambung naik dan membuatmu sakit perut. Terutama, jika Anda memiliki gangguan pencernaan.

Dalam beberapa kasus, mengkonsumsi makanan pedas saat perut kosong dapat memperburuk kondisi pencernaanmu, dan akan meningkatkan gangguan pencernaan yang kamu miliki.

4. Hindari Makan Pedas Sebelum Tidur


Rasa lapar dapat menghampiri kapan saja, termasuk saat malam hari. Jika di malam hari Anda ingin makan, sebaiknya menghindari menyantap makan yang bercita rasa pedas. Menyantap makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan metabolisme sehingga berefek pada istirahat anda yang tidak nyaman. Bahkan bisa membuat susah tidur atau mimpi buruk.

Cabe


Menurut salah seorang pakar gangguan tidur di Amerika Serikat yaitu Charles Bee, mengatakan bahwa menyantap makanan pedas sebelum tidur dapat mengganggu proses metabolisme. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan suhu tubuh.

Akibat proses metabolisme dan meningkatnya suhu, aktivitas otak menjadi bertambah walaupun tubuh Anda sedang beristirahat. Sistem pencernaan mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan bahwa tubuh harus bekerja keras agar menurunkan suhu tubuh dan menetralkan pedas di lambung.

Ketika diterima otak, sinyal tersebut pun diartikan sebagai ancaman atau gangguan sehingga Anda mengalami mimpi buruk. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya maksimal tiga jam sebelum tidur. Dengan cara tersebut, Anda memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk menetralkan rasa pedas dan mengembalikan suhu tubuh.

5. Minum Susu


Senyawa capsaicin dalam cabai dapat mengaktifkan pelepasan zat yang dapat memicu rasa nyeri dan sensasi terbakar di mulut serta pencernaanmu. Sayangnya, air saja tidak bisa mengurangi sensasi pedas dengan baik. Dan sebagai gantinya, cobalah minum susu.

Salah seorang peneliti di New Mexico State University Chile Pepper Institute menyatakan cara cepat untuk menghilangkan rasa kepedasan adalah meminum susu. Susu memiliki protein yang mampu mengikat capsaicin dan mengeluarkan senyawa penghasil panas dari mulut, sehingga membantu tubuhmu jadi lebih dingin.

6. Gosok Gigi Setelah Makan Pedas


Setelah menyantap kulineran pedas jangan lupa untuk gosok gigi. Menggosok gigi tidak hanya ampuh untuk meringankan rasa kepedasan, tapi juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Makanan pedas dapat membuat mulutmu panas dan nafas pun jadi tidak segar. Oleh karena itu, jangan biarkan sensasi pedas tersebut mengganggu aktivitasmu.

Semoga tips ini bisa berguna untuk Anda. Simak berbagai informasi bermanfaat lainnya di blog sophiene.

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

8 Tips Traveling Untuk Liburan Asyik, Hemat, Aman, dan Efisien