6 Desain Toilet Portable Unik dan Anti-Mainstream

Toilet portable menjadi salah satu solusi praktis untuk berbagai situasi yang biasa digunakan untuk acara di luar ruangan, tempat wisata, atau tempat umum lainnya yang jauh dari fasilitas sanitasi. Namun desain toilet portable kerap dianggap kurang nyaman, tidak estetik dan monoton karena hanya berbentuk kotak persegi panjang.


Terlepas dari fungsinya yang sederhana, kini desain toilet portable telah mengalami perkembangan pesat di beberapa tahun terakhir. Toilet portable adalah salah satu inovasi terkini dalam dunia desain, dengan menggabungkan kenyamanan, kebersihan, dan kepraktisan dalam sebuah perangkat toilet portable yang bisa dibawa kemana saja.

6 Desain Toilet Portable Unik dan Anti-Mainstream
Ilustrasi toilet portable. Sumber : Istockphoto.com

Dalam artikel ini akan mengulas tentang manfaat dan desain toilet portable yang unik dan anti-mainstream yang membuatnya semakin populer.

Manfaat Toilet Portable

Dibawah ini adalah beberapa manfaat utama dari toilet portable, apa saja?

  1. Kebersihan

Manfaat pertama toilet portable adalah memastikan kebersihan setiap penggunanya. Toilet ini dirancang dengan bahan antimikroba serta dilengkapi sistem pembuangan yang lebih efisien, sehingga bisa mengurangi risiko penularan penyakit.

  1. Mobilitas

6 Desain Toilet Portable Unik dan Anti-Mainstream
Toilet portable sangat cocok untuk tempat umum luar ruangan. Sumber : Istockphoto.com


Penggunaan toilet portable juga dinilai lebih efisien karena lebih mudah dibawa kemana saja. Selain itu, toilet portable juga lebih ringan, bisa disusun dengan cepat, mudah diangkut dan menjadi pilihan yang ideal untuk berbagai acara outdoor dan perjalanan jarak jauh. 

  1. Kepedulian Lingkungan

Kini inovasi desain toilet portable modern semakin ramah lingkungan. Beberapa model atau desain sudah menggunakan teknologi penguraian limbah yang lebih baik dan efisien, dan bahkan ada toilet portable modern yang sudah memanfaatkan energi matahari atau bahan bakar terbarukan.

Desain Toilet Portable yang Unik dan Anti-mainstream 

Selain ruang kantor, toilet portable juga harus didesain dengan baik agar pengguna bisa merasa nyaman dan aman saat menggunakannya. Berikut adalah beberapa desain toilet portable yang tidak hanya estetik akan tetapi juga unik. 

  1. Toilet Portable Urilift dengan Konsep Pop Up

Desain toilet portable pertama yang cukup unik dan anti-mainstream adalah desain Urilift. Tersebar di beberapa negara Eropa, toilet dengan konsep pop up ini banyak menarik perhatian karena desainnya yang unik dan estetik. Lebih menarik lagi, konsep desain ini sudah dilengkapi mesin canggih yang bisa naik dan turun secara otomatis sehingga bisa mengurangi resiko toilet mampet. 

6 Desain Toilet Portable Unik dan Anti-Mainstream
Toilet portable urilift. Sumber : Istockphoto.com

Saat tidak digunakan, toilet portable ini akan berada di bawah tanah, sehingga tidak akan mengganggu pengguna jalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Pengguna hanya perlu memasukkan koin di tempat yang tersedia. Kemudian toilet ini akan muncul dari tanah di area jalanan. Sangat menarik ya. 

  1. Toilet Portable Colorful Khusus Anak 

Karena dikhususkan untuk digunakan anak-anak, toilet ini didesain dengan ukuran dan warna yang ideal. Biasanya warna-warna yang digunakan warna cerah seperti ungu, pink dan jenis warna cerah lainnya. Tampilannya sangat colorful jadi menarik perhatian anak-anak. 


Selain itu, bentuk dan ukurannya yang compact, toilet yang dikhususkan untuk anak-anak ini bisa diletakkan di berbagai sudut dan bisa dipindahkan dengan mudah saat diperlukan. Fungsinya juga lengkap karena sudah dilengkapi dengan kloset duduk, wastafel serta sistem pompa sebagai sumber air. Biasanya toilet ini banyak ditemukan di berbagai taman atau wahana bermain anak. 

  1. Lape, Toilet portable Khusus Wanita

Selain ada toilet portable khusus anak-anak, kini ada juga toilet portable yang dikhususkan untuk wanita. Lape, adalah nama sebuah toilet portable yang diciptakan oleh Gina Perier dan juga Alexander Egeberg. Toilet ini biasanya digunakan untuk berbagai acara di luar ruangan seperti festival dan acara outdoor lainnya. 


Materialnya menggunakan bahan plastik dan dicat dengan warna pink terang sehingga tampak menonjol di keramaian. Desainnya sangat unik dan anti-mainstream karena satu toilet memiliki 3 kloset yang tersusun secara spiral, lalu pada dindingnya dibuat tinggi agar pengguna bisa buang air dengan nyaman dan tenang. Tertarik untuk mencobanya? 

  1. Toilet portable Mewah dengan Teknologi Canggih

Inovasi terbaru yang cukup menarik perhatian adalah desain toilet portable modern yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih. Toilet ini dirancang menggunakan sensor gerakan buka tutup pintu secara otomatis dengan dilengkapi lampu LED sehingga pencahayaan bisa maksimal. 


Bahkan ada toilet yang dirancang dengan sistem toilet pintar, dimana terdapat cairan pembersih tangan otomatis. Selain itu, pada bagian toilet duduknya juga bisa dipanaskan sehingga pengguna bisa lebih higienis dan nyaman saat menggunakannya. 

  1. Urinoir, Toilet portable Khusus Laki-laki

Jika sebelumnya ada toilet khusus perempuan yang dinamakan Lape, maka kini Anda juga bisa melihat toilet portable urinoir yang dikhususkan untuk laki-laki. Desain toilet portable ini sangat terbuka, jadi hanya bisa digunakan untuk keperluan buang air kecil saja.


6 Desain Toilet Portable Unik dan Anti-Mainstream
Toilet portable urinoir. Sumber : Istockphoto.com
Toilet ini disebut juga dengan nama toilet darurat dan biasanya banyak ditemukan di negara London, Inggris dan di beberapa daerah lainnya dengan mobilitas tinggi. Karena bentuknya yang unik ini, tak heran jika urinoir menjadi salah satu desain toilet portable yang unik dan anti-mainstream. 

Untuk improvisasi bisa juga ditambahkan kubikel toilet untuk penyesuaian dengan budaya Indoensia yang cenderung lebih menjaga privasi.

  1. Toilet portable Trailer

Toilet ini dirancang khusus dan bisa disambungkan di bagian belakang mobil yang memiliki roda sendiri di beberapa sisi untuk bergerak. Dengan demikian, toilet trailer ini bisa dibawa kemanapun bahkan untuk dibawa perjalanan jauh sekalipun.  


Desain toilet ini banyak ditemukan di negara-negara Eropa dan Amerika. Biasanya mereka menggunakannya untuk keperluan road trip ke daerah terpencil yang minim sanitasi. Seperti untuk perjalanan ke penggunaan, danau dan daerah terpencil lainnya. 


Tak hanya dirancang dengan desain yang unik dan antimainstream, beberapa desain toilet portable diatas juga sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan pengguna. Bahkan di beberapa negara maju, toilet portable juga dirancang dengan teknologi canggih seperti sistem pembilas ramah lingkungan, sistem pembersihan otomatis hingga desain yang estetik. 


Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan desain toilet portable yang unik dan antimainstream yang ada di dunia. Untuk informasi menarik lainnya seputar spot wisata ekstrim di Jogja, Anda bisa menemukannya disini.  

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)