Inilah 4 Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda tahu tentang jenis lapangan futsal? Setidaknya lebih dari satu tentang jenis lapangan futsal. 


Sebelumnya, lapangan futsal adalah lapangan olahraga yang dirancang khusus untuk permainan futsal. Lapangan ini tentunya memiliki ciri-ciri yang berbeda dari lapangan sepakbola pada umumnya, meskipun futsal merupakan variasi dari sepak bola itu sendiri. 


Lapangan futsal tentunya lebih kecil dari lapangan sepakbola pada umumnya. Sebab, pemain futsal hanya terdiri dari lima orang saja. Begitu juga lapangan futsal biasanya dirancang dengan platform yang mendukung permainan lebih cepat, taktis dan intensif. 


Pun penggunaan jersey custom untuk satu tim bisa menambah feel dan rasa bangga yang didapatkan ketika bermain futsal. Meskipun, custom jersey bisa digunakan di bidang olahraga apapun. 

Jenis Lapangan Futsal 

Meskipun lapangan futsal memiliki spesifikasi standar yang ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), ada beberapa jenis lapangan futsal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi tertentu. 


Beberapa jenis lapangan futsal yang umum diantaranya :

1. Lapangan Futsal Indoor

Inilah 4 Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Anda Ketahui
Lapangan futsal indoor. Sumber: parquetsportivi.com


Lapangan futsal standar dirancang untuk dimainkan di dalam ruangan. Panjangnya berkisar antara 38-42 meter, dan lebar antara 18-25 meter sesuai dengan standar FIFA. Biasanya lapangan jenis ini dibangun di dalam fasilitas olahraga yang lengkap. 


Jenis lapangan futsal ini biasanya memiliki permukaan khusus yang dirancang untuk mendukung permainan bola secara cepat dan taktis. Seringkali, permukaan tersebut terbuat dari bahan sintetis atau material yang memberikan gesekan yang baik dan respon yang cepat terhadap bola. 


Tentunya lapangan futsal indoor bisa digunakan sepanjang tahun, tidak perlu untuk memperhatikan kondisi cuaca di luar ruangan. Hal ini memungkinkan untuk tetap berjalan meskipun cuaca sedang tidak bersahabat. 


Dan, hal lain dari lapangan futsal indoor memungkinkan memiliki space untuk penonton atau pengunjung. Tentunya hal tersebut semakin menambah intensitas dari olahraga tersebut. 


Lapangan futsal indoor memberikan keunggulan dalam hal kenyamanan. Tentunya lapangan futsal jenis ini merupakan lapangan yang ideal untuk bermain futsal. 

2. Lapangan Futsal Outdoor

Inilah 4 Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Anda Ketahui
Lapangan futsal outdoor. Sumber: buatfutsal.com


Lapangan futsal outdoor adalah lapangan futsal yang dibangun di luar ruangan, di area terbuka atau lingkungan luar gedung. Meskipun konsep utama dan dimensi lapangan futsal tetap sama seperti lapangan indoor namun tentu saja masih tetap memiliki perbedaan. 


Lapangan futsal outdoor memiliki material permukaan yang lebih bervariasi. Penggunaan rumput sintetis biasanya sering digunakan pada jenis lapangan ini, tentunya pemilihan material tersebut disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang terbuka. 


Begitu juga lapangan futsal jenis ini memiliki kelebihan terintegrasi dengan lingkungan sekitar, tentunya hal tersebut mendukung pencahayaan pada siang hari yang lebih alami dibanding dengan lapangan futsal indoor. Begitu juga lapangan futsal outdoor biasanya memiliki penggunaan yang lebih variatif dari pada lapangan futsal pada umumnya. 


Meskipun lapangan futsal outdoor memiliki beberapa kelebihan yaitu terintegrasi dengan lingkungan yang ada. Namun, lapangan futsal outdoor kurang bisa digunakan atau bahkan tidak bisa jika cuaca kurang mendukung. 

3. Lapangan Futsal Portabel

Inilah 4 Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Anda Ketahui
Lapangan futsal portabel/lapangan serba guna. Sumber: buatfutsal.com


Lapangan futsal portabel adalah jenis lapangan futsal yang dapat dipasang dan dipindahkan dengan mudah. Biasanya lapangan ini digunakan untuk keperluan sementara atau di tempat-tempat yang tidak memiliki lapangan tetap.


Tentunya lapangan jenis ini memiliki struktur yang mudah dibongkar pasang, bahan baku yang ringan, platform yang mudah dibawa dan tentunya penggunaan dari lapangan ini yang cukup fleksibel. 


Keberadaan lapangan futsal portabel membuka peluang bagi lebih banyak orang untuk menikmati futsal di berbagai lokasi tanpa memerlukan lapangan permanen. Tentunya lapangan ini memberikan fleksibilitas dalam mendukung pertumbuhan futsal. 

4. Lapangan Futsal Berlapis Rumput Sintetis

Inilah 4 Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Anda Ketahui
Lapangan futsal rumput sintetis. Sumber: soccernation.com


Lapangan futsal dengan rumput sintetis adalah lapangan futsal yang memiliki permukaan berlapis rumput sintetis. Tentunya memberikan tampilan yang menyerupai lapangan sepak bola pada biasanya. 


Penggunaan rumput sintetis pada lapangan futsal merupakan inisiatif yang perlu diapresiasi. Ukuran lapangan yang berbeda namun mencoba mengaplikasikan model dari lapangan sepak bola alami. Tentunya perawatan dari lapangan jenis ini lebih mudah daripada jenis lapangan futsal lainnya. 


Penggunaan rumput sintetis harus didukung dengan penguatan lapisan dasar lapangan, tentunya hal tersebut ditujukan untuk mendukung stabilitas rumput sintetis tersebut. Hal tersebut juga bisa mengurangi resiko cedera para pemain dan mampu memberikan permukaan yang responsif terhadap permainan. 


Lapangan futsal dengan rumput sintetis memberikan kelebihan berupa tampilan yang menarik, perawatan yang lebih mudah, dan kemampuan untuk digunakan secara konsisten tanpa memperhatikan cuaca. Meskipun feel yang dirasakan berbeda dari lapangan futsal yang berpermukaan keras, namun lapangan jenis ini tetap menyajikan pengalaman bermain yang cepat dan teknis. 


Setiap jenis lapangan futsal memiliki karakteristiknya sendiri dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan atau persyaratan lokasi. Meskipun standar FIFA umumnya diikuti, variasi ini memungkinkan adanya fleksibilitas dalam mendukung pertumbuhan dan popularitas futsal di berbagai tempat. 


Dan, hal yang bisa menambah feel yang didapat dari bermain futsal tentunya penggunaan kaos jersey untuk rekan satu tim. Tentunya ada keunggulan kaos jersey ketika dipakai untuk berolahraga, khususnya futsal. 

Info Yang Bermanfaat 

Itulah beberapa jenis lapangan futsal yang familiar di masyarakat. Semua jenis lapangan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tentunya lapangan futsal indoor dan beralas keras lah yang menjadi syarat dari FIFA. Namun, jika hanya untuk fun maka semua jenis lapangan tersebut bisa digunakan. 


Ini adalah salah satu info bermanfaat yang bisa Anda dapatkan di sophienne.blogspot.com dan tentunya masih banyak info yang bermanfaat lainnya. Bahkan, sampai tips membedakan tas kulit dan sintetis pun dibahas di sini. 


Oleh karena itu, Anda bisa langsung mengunjungi sophienne.blogspot.com untuk info yang bermanfaat lainnya. 


Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

8 Tips Traveling Untuk Liburan Asyik, Hemat, Aman, dan Efisien