5 Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus Untuk Performa Maksimal

Aki mobil merupakan salah satu komponen penting yang menunjang performa kendaraan. Memahami cara memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas akan memastikan mobil Anda dapat dihidupkan dengan mudah dan memberikan performa maksimal.


Namun, memilih aki mobil yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan bagi banyak orang. Ada banyak merek, jenis, dan spesifikasi aki yang tersedia di pasaran, dan tidak semua orang tahu apa yang harus dicari.


Artikel ini akan membahas 5 cara memilih aki mobil yang bagus untuk performa maksimal di tahun 2024. Dengan mengikuti tips-tips di artikel ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda memilih aki yang tepat untuk mobil Anda.

5 Cara Memilih Aki Mobil yang Benar

Memilih aki mobil yang tepat merupakan hal penting untuk memastikan performa kendaraan Anda optimal. Berikut adalah 5 tips lengkap dengan penjelasan dan contoh untuk membantu Anda memilih aki yang tepat:

1. Kenali Jenis Aki yang Tepat

5 Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus Untuk Performa Maksimal
Ilustrasi aki mobil. Sumber: Istockphoto.com


Secara umum, ada dua jenis aki sebagaimana kita ketahui, yaitu aki jenis kering dan aki basah yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Aki Basah terlebih dahulu banyak digunakan di awal-awal kendaraan bermotor atau mobil ditemukan.


Dimana keberadaan aki basah memiliki beberapa kelebihan seperti harganya lebih ekonomis, perawatan seperti cek dan isi ulangnya lebih mudah. Akan tetapi jenis aki ini juga belum cocok untuk penggunaan kelistrikan yang banyak dan membutuhkan tenaga yang lebih besar.


Kemudian aki kering banyak digunakan untuk model model mobil atau kendaraan bermotor terkini, yang menggunakan aksesoris atau variasi mobil lebih banyak. Jenis aki yang tahan dari penguapan ini memiliki banyak kelebihan seperti halnya memiliki daya yang lebih besar.


Selain itu aliran listrik dari aki kering juga lebih stabil sehingga aman untuk berbagai komponen kelistrikan modern ini. Ketidakstabilan aliran listrik akan lebih cepat merusak komponen kelistrikan baik itu pada motor dan mobil. 


Adapun jenis aki kering ini juga memiliki beberapa fakta seperti harga lebih mahal dibandingkan aki basah, dan perawatan yang lebih susah. Mengingat usia aki yang lebih panjang, mengganti aki yang baru merupakan solusi yang tepat daripada memperbaikinya.

2. Perhatikan Spesifikasi Aki

Tidak semua aki cocok untuk jenis mobil atau kendaraan bermotor Anda, oleh sebab itu harus disesuaikan spesifikasinya. Beberapa parameter untuk menyesuaikan antara mobil dengan jenis aki dalam rangka cara memilih aki mobil yang bagus adalah sebagai berikut.


  • Voltase: Pastikan voltase aki sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Umumnya mobil menggunakan aki 12V.

  • Ampere Hour (AH): Semakin tinggi nilai Ah, semakin lama aki dapat menyimpan arus listrik. Untuk mobil standar, pilih aki dengan Ah antara 60-100. Jika mobil Anda memiliki banyak aksesoris kelistrikan, pilih aki dengan Ah lebih tinggi dari 100.

  • Cold Cranking Amps (CCA): Semakin tinggi nilai CCA, semakin mudah mobil dinyalakan pada suhu dingin. Di Indonesia, minimum CCA yang direkomendasikan adalah 300.

Terlepas dari spesifikasi diatas, pastikan dimensi aki sesuai dengan dimensi atau ruang aki di mobil Anda. 

3. Pilih Merek Aki Terpercaya

5 Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus Untuk Performa Maksimal
Ilustrasi aki mobil. Sumber: Istockphoto.com


Cara memilih aki mobil yang bagus selanjutnya adalah pemilihan merek yang terpercaya. Ini sangat penting dan bisa berdasarkan keyakinan masing-masing penggunaannya. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih merek jenis aki yang perlu Anda ketahui, sebagai contoh adalah berikut ini.


  • Pilih merek aki yang memiliki reputasi baik untuk kualitas. Anda dapat mencari informasi tentang reputasi merek aki melalui internet, review dari pengguna lain, atau rekomendasi dari bengkel terpercaya.

  • Pastikan merek aki yang Anda pilih memiliki garansi. Garansi akan sangat penting untuk Anda dapat, karena ini akan melindungi Anda jika terjadi kerusakan pada aki dalam jangka waktu tertentu.

  • Pilih jenis aki yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti jenis kendaraan, kondisi cuaca, dan penggunaan kendaraan. Begitupula lihat fitur kelistrikan di mobil Anda, sebagai acuan aki mana yang cocok untuk mobil Anda.

  • Bandingkan harga aki dari beberapa merek sebelum membeli. Sebuah hal yang lumrah, Anda perlu mendapatkan harga yang terbaik untuk kualitas yang sama.


Ada banyak merek aki di masyarakat kita ini, baik di toko online maupun toko aki solo, toko aki jogja dan berbagai bengkel resmi di indonesia. Anda bisa membelinya di toko yang terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya

4. Periksa Tanggal Produksi Aki

Pilih aki dengan tanggal produksi terbaru (maksimal 6 bulan) untuk performa optimal. Anda dapat menemukan tanggal produksi aki pada label yang tertera di bodi aki. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini penting dan masih jarang dipahami oleh orang yang awam terhadap mobil tentunya.

Bukan cara memilih aki mobil yang bagus dan tepat apabila menggunakan aki yang sudah bertahun tahun di produksi. Di pasaran tentunya banyak kejadian bahwa waktu produksi aki yang sudah lama dan belum laku, dimana ini bisa mengakibatkan performa kerja aki kurang optimal.

5. Lakukan Perawatan

5 Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus Untuk Performa Maksimal
Perawatan aki mobil secara berkala. Sumber: Istockphoto.com


Meskipun tidak semua jenis aki mudah dalam proses perawatannya, akan tetapi tetap saja kita harus peduli pada kesehatan aki mobil. Beberapa catatan dalam cara memilih aki mobil yang bagus adalah sebagai berikut.


  • Rawat aki secara berkala. Periksa terminal aki secara berkala untuk memastikan tidak ada korosi dan bersihkan jika diperlukan.

  • Hindari aki soak. Segera isi ulang/charger  aki jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama.

  • Gunakan charger aki yang sesuai. Gunakan charger aki dengan voltase dan arus yang sesuai dengan spesifikasi aki Anda.


Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memilih aki mobil yang tepat dan tahan lama. Ingatlah bahwa aki mobil merupakan komponen penting yang menunjang performa dan keamanan kendaraan Anda. Oleh karena itu, pilihlah aki dengan cermat dan perhatikan semua faktor yang telah dijelaskan. Yuk ikuti artikel kami yang lainnya di website ini


Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

8 Tips Traveling Untuk Liburan Asyik, Hemat, Aman, dan Efisien