5 Cara Mudah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Bisnis online kini semakin mudah dilakukan orang. Modal yang minim dan pilihan bisnis yang banyak menjadi alasannya. Selain itu, zaman dan teknologi yang semakin berkembang, membuat pelaku bisnis online semakin banyak. 

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol 

Memulai Bisnis
Memulai Bisnis, Sumber : google.com
Bisnis online bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Bisa dilakukan sewaktu senggang, sambil duduk di dalam bus atau ojek online menuju kantor. Untuk itulah, berikut beberapa cara mudah memulai bisnis online bagi pemula. 

1. Mendapatkan Inspirasi 

Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya Anda melakukan riset produk apa saja yang banyak dicari masyarakat saat ini. Boleh yang memang sedang nge-tren atau memang produk yang selalu dibutuhkan banyak orang. 

Anda bisa memulai riset ini saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Dengarkan apa yang sering mereka utarakan soal produk yang tengah ramai diperbincangkan. Cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan produk yang banyak dicari tersebut. Termasuk untuk mendapatkan suplier yang bisa memberi harga termurah. 

Anda harus memahami kebutuhan publik di tahap awal ini. Ingat, produk yang dijual nanti adalah yang dibutuhkan banyak orang. Bukan karena Anda suka dan kemudian ingin menjualnya. 

2. Menetapkan Produk 

Anda bisa melakukan riset secara online dengan mencari kata kunci atau keyword yang banyak dicari mengenai satu produk yang disebut juga riset keyword. Semakin banyak dicari orang, itu menandakan produk tersebut memang tengah dibutuhkan. 

Namun, persaingan untuk menjualnya pun pasti tidak akan mudah. Karena pasti ada banyak orang yang juga punya pemikiran yang sama. Oleh karena itu, pikirkan dengan matang produk yang akan Anda jual sebagai penambah penghasilan. 

Untuk itu, Anda bisa saja memilih dua tipe produk. Pertama yang memang tengah ngetren. Produk kedua adalah sesuatu yang bersifat long time, tidak pernah basi dan selalu dibutuhkan masyarakat. Selama harga yang ditawarkan cukup bersaing, maka jualan Anda pasti akan punya pembeli. 

3. Memilih Sistem Penjualan 

Beruntunglah Anda yang hidup di era digital saat ini. Dunia digital atau online memang memudahkan banyak hal dalam kehidupan manusia. Termasuk mendapatkan produk untuk kemudian menjualnya kembali dengan tambahan keuntungan. 

Salah satu sistem penjualan yang kini banyak digunakan para pelaku bisnis online di awal usahanya adalah menjadi dropshiper. Sistem ini membuat Anda tak harus menyimpan stok barang yang dijual. Biarkan suplier atau penjual utama yang melakukannya. 

Anda cukup mencari pembeli, urusan pengiriman barang menjadi urusan distributor. Namun, Anda tetap harus cermat memilih distributor yang memang punya kredibilitas tinggi. Jangan sampai Anda banyak menerima keluhan akibat kualitas barang yang tidak sesuai dengan yang dipromosikan.

4. Membangun Website 

Ilustrasi Bisnis Online
Ilustrasi Bisnis Online, Sumber : bizjournals.com

Jika Anda punya sedikit modal di awal usaha, bisa saja Anda tidak memilih sistem dropship. Anda bisa memilih untuk melakukan stok hingga pengiriman barang oleh Anda sendiri. Ini memang bisa menjaga dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual di mata konsumen. 

Untuk itu, Anda harus mulai membangun website yang menjadi etalase jualan Anda di dunia online. Website merupakan pusat dari aktivitas bisnis online Anda. Bagi Anda yang akan membuat website, bisa bekerjasama dengan penyedia jasa pembuatan website profesional yang ada saat ini. 

Dengan memiliki website, calon pembeli pun bisa disajikan banyak pilihan dari produk yang Anda jual. Termasuk mendapat informasi lebih detail tentang produk yang mereka inginkan. 

5. Membuka Jaringan Media Sosial 

Setelah website Anda tayang di dunia maya, kini saatnya untuk menyebarluaskannya. Sebagus dan sekeren apa pun website Anda jika tidak banyak diketahui orang artinya percuma saja. 

Untunglah, saat ini adalah eranya media sosial. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial secara gratis. Media sosial merupakan pilihan utama sebagai sarana promosi saat Anda memulai bisnis online. 

Buatlah akun dengan nama toko online atau website Anda. Jangan hanya di satu media sosial, tapi juga di banyak varian. Namun, yang banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. 

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara mudah memulai bisnis online bagi pemula. Memulai bisnis online memang dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Jika anda kesulitan soal optimasi website, kami sarankan untuk mencari konsultan seo yang bisa menangani website Anda dengan baik. 

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)