Mengenal Cidomo Kendaraan Tradisional di Pulau Lombok

Keunikan wisata di Lombok memang tiada duanya di Indonesia. Dengan beragam destinasi wisatanya seperti wisata alam, wisata sejarah, desa wisata dan wisata religi Lombok semakin menggeliat industri wisatanya. Bahkan para wisatawan yang nberlibur ke Bali kebanyakan menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau seribu masjid, Lombok. 

Cidomo yang ditarik kuda. Sumber Instagram


Seperti halnya di Jogja yang mempunyai kendaraan tradisional andong yang mampu bersaing dengan rental mobil murah di Jogja, di Lombok juga ada kendaraan tradisional yang ditarik kuda. Nama kendaraan kereta kuda ini adalah cidomo. Kendaraan ini memiliki keunikan dan berbeda dengan kendaraan tradisional lainnya. Simak ulasannya dibawah ini.

Bentuk Yang Unik

Kendaraan tradisional ini memiliki bentuk yang unik. Dengan ditarik kuda sebagai tenaganya kendaraan ini tidak seperti dokar atau andong di Yogyakarta. Jika andonga menggunakan roda berupa kayu atau logam dengan ban berupa bantalan karet, cidomo menggunakan roda dengan ban mobil. Jika dilihat dari penggunaan ban mobil, kendaraan ini di buat belum lama. Tidak seperti halnya andong yang sudah ada sejak dahulu.

Cidomo menggunakan dua roda dari roda mobil dengan bentuk yang lebih kecil dari dokar atau andong. Cidomo hanya bisa memuat empat penumpang dan satu kuda penarik. Sedangkan andong khas Jogja bisa memuat lebih dari empat penumpang dan kuda yang menariknya bisa menggunakan dua ekor sekaligus sehingga bertenaga.

Perpaduan Berbagai Nama Kendaraan

Cidomo merupakan singkatan dari cikar, dokar dan mobil. Penamaan yang sungguh aneh. Cikar sendiri adalah kereta tradisional yang ditarik oleh sapi baik satu ekor maupun dua ekor. Berbeda dengan gerobak sapi dengan roa ban mobil yang populer di Jogja, cikar menggunakan roda yang besar seperti halnya andong. Dan hanya ada dua roda.

Dokar sendiri adalah perkembangan dari kereta anjing atau ‘dog cart’ dan di Indonesia kata dog cart tersebut mengalami distorsi sehingga terucap dokar hingga sekarang. Bisa jadi penggunaan kata cidomo karena bentuknya memang kombinasi dari ketiga jenis kendaraan. Kita bisa melihat bahwa cidomo menggunakan roda mobil meskipun ditarik dengan kuda.

Pengganti Kendaraan Bermotor

Keberadaan cidomo sangat bermanfaat bagi masyarakat. Cidomo dapat digunakan sebagai sarana transportasi alternatif selain kendaraan umum seperti bus. Biasanya di suatu kota di Indonesia tiap ruas jalan belum tentu di lalui oleh transportasi umum, bahkan bus umum telah beralih menjadi jasa persewaan bus di Jogja. Oleh karena itu keberadaan cidomo di lombok sangat membantu tatkala di suatu ruas jalan belum di lewati akses transportasi umum.

Kuda sebagai binatang yang populer di Nusa Tenggara juga bisa di dayagunakan sebagai sarana transportasi cidomo. Sehingga peternak kuda dapat memiliki pembeli yakni para pemiliki cidomo. Selain sebagai kendaraan tradisional, cidomo juga merupakan kendaraan wisata. Hal ini seperti diberlakukan di salah satu destinasi wisata Lombok yakni Gili Meno yang mengharuskan kendaraan yang boleh masuk adalah yang bukan bermesin.

Tentu saja hal ini memberikan peluang kepada pemilik cidomo untuk bisa menggunakan cidomonya dalam meraup penghasilan di Gili Meno. Tujuan hanya dibolehkannya kendaraan tidak bermesin di Gili Meno adalah supaya Gili Meno, salah satu pulau kecil nan indah di Lombok ini senantiasa terjaga keasriannya dan tidak terdapat berbagai polusi baik polusi udara maupun polusi suara.

Keberlangsungan Cidomo

Anak anak bermain kereta cidomo. Sumber Unsplash

Paling tidak dengan adanya kebijakan penggunaan cidomo di Gili Meno maka keberadaan cidomo tidak terancam. Jika rusa timor yang merupakan binatang endemik nusatenggara terancam kelangsungan hidupnya maka cidomo sebagai kereta kuda tradisional di Lombok jangan sampai hilang ditelan jaman.

Memang saat ini geliat industri pariwisata di Lombok sangat maju. Hal ini menjadikan penghasilan penduduk juga mengalami peningkatan yang signifikan. Denga peningkatan ekonomi masyarakat yang tadinya mencari penghasilan dengan cidomo bisa beralih menjadi penyedia jasa sewa mobil di Lombok.



Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)