Rally Wisata di Lombok

Destinasi wisata Lombok yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah seperti pantai, gunung dan air terjun di Lombok bisa dimanfaatkan dengan baik melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat. Salah satu kegiatan bermanfaat ini adalah even Rally Wisata Lombok. Sebuah ajang perpaduan antara ketrampilan mengemudi dengan petualangan.


Biasanya memang rally diselenggarakan di suatu tempat dengan kontour yang berbukit-bukit dengan pemandangan alam yang indah. Dan hal ini sama dengan keadaan di Lombok. Lombok selain cocok untuk wisata keluarga juga memiliki pemandangan dan jalan yang bisa di gunakan untuk ajang rally. 

Ajang ini memang di laksanakan di pulau yang terkenal dengan kendaraan tradisional Cidomo ini karena beberapa alasan. Dan secara tidak langsung, ajang otomotif ini juga berpengaruh dengan penjualan mobil di Lombok. Harga mobil Honda di Lombok meskipun tergolong tinggi ternyata tidak menyurutkan antusiasme masyarakat Lombok untuk memilih merk Honda.

Menjadi Even Tahunan

Kegiatan Rally Wisata ini telah dilaksanakan beberapa kali di NTB. Yakni sejak tahun 2015 sampai 2019. Sejauh ini, hasil penyelenggaraan lancar dan sukses, serta dengan nilai yang memuaskan. Senagai even tahunan agar acara tidak terkesan monoton maka diperlukan inovasi pada segi acaranya. Seperti pembukaan track baru pada jalur yang dilalui saat rally.

Adanya even tahunan ini sebenarnya menjadi ni;ai positif bagi pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat. Even tahunan ini bisa di jadikan ajang promosi kedaerahan seperti wisata, UKM, dan berbagai sektor bisnis lainnya.

Pemulihan Pasca Gempa

Ajang rally wisata ini pada awalnya sebagai program tahunan dan peserta rata-rata memiliki length of stay sekitar 4 hari. Selama mengikuti ajang tersebut para peserta membelanjakan banyak uang di Lombok. Dan hal ini bisa menjadi pemasukan daerah yang bisa diandalkan.

Pada program Pesona Lombok Rally Wisata 2018 saja rata-rata para peserta memiliki spending sekitar Rp10,5 juta per orang. Dana yang lumayan besar tersebut digunakan untuk pembelian tiket pesawat, katering, hotel, hingga rental mobil. Lebih luas lagi, Pesona Lombok Rally Wisata 2018 ini ikut menghidupkan industri advertising dan hiburan di Lombok.

Ini menjadi pertanda baik untuk pemulihan pasca gempa di Lombok. Dengan adanya dana dari pemerintah pusat yang minim maka sebenarnya Lombok bisa dengan mandiri bangkit dan membenahi segala kerusakan pasca gempa dengan usaha sendiri.

Dengan memaksimalkan even tahunan seperti rally tahunan maka dana yang masuk ke Lombok akan besar. Jika satu peserta membelanjakan rata-rata 10 juta untuk keperluan even rally wisata di Lombok maka jika pesertanya mencapai angka 100 orang dana yang akan dibelanjakan akan mencapai satu milyar. Itu hanya dana dari peserta belum lagi penonton dan anggota tim lainnya selain peserta rally.

Mendongkrak Pemasaran Destinasi Wisata

Pada even tahunan ini para peserta rally wisata akan melewati berbagai destinasi wisata populer di Lombok. Seperti agenda pada tahun 2018, destinasi yang akan dikunjungi peserta antara lain di Kota Mataram seperti Taman Mayura, Museum NTB, Sayang Sayang, Sentra Mutiara Sekarbela, dan Islamic Center.

Sedangkan di Lombok Utara, ada Puncak Pusuk, Nipah, dan Teluk Kombal. Selanjutnya, di Lombok Barat ada Senggigi, Gunung Sari, Taman Narmada, Lingsar, dan Suranadi. Kemudian di Lombok Tengah ada Kawasan Mandalika, Kuta. Cukup banyak destinasi wisata yang akan dilalui pada even rally tahunan ini. 



Sebenarnya relly ini bisa di kembangkan menjadi ajang internasional, sehingga wisatawan mancanegara yang biasanya menggunakan jasa Lombok tour package yang disediakan oleh penyedia perjalanan wisata maka tour wisata tersebut bisa di dapatkan dengan mengikuti ajang rally wisata tahunan di Lombok. Dengan langkah ini maka pemasaran atau promosi wisata di pulau Lombok bisa lebih luas cakupannya.

Itulah ulasan mengenai rally di Lombok dan jangan lupa membacaa artikel kami lainnya tentang desa wisata di Jogja. Semoga bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)