Souvenir Asian Games: Kenangan di Event Terbesar Asia

Souvenir Asian Games merupakan salah satu hal yang diburu oleh para penggemar dan pengunjung. Besar dan bergengsinya event tersebut menjadikan setiap souvenir atau cinderamata akan menjadi kenangan tersendiri bagi siapapun yang mendapatkan.

Pada tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara olahraga terbesar di benua Asia, Asian Games. Acara ini menyatukan atlet dari berbagai negara dan memberikan momen yang tak terlupakan bagi banyak orang. 

Kemudian event empat tahunan ini diadakan diikuti oleh beberapa cabang olahraga populer di kawasan Asia. Jadwal Asian games selanjutnya dijadwalkan pada tahun 2022 yang lalu, akan tetapi karena adanya pandemi maka diundur pada tahun 2023 ini di China.

Setiap event dipastikan akan selalu ada aneka pertunjukan souvenir maupun cinderamata yang menjadi ciri khas dan ikon dari event tersebut. Artikel ini akan mengulas secara umum beberapa souvenir yang biasa digunakan dalam event olahraga terbesar di kawasan Asia ini.

Jenis-Jenis Souvenir Asian Games

Souvenir Asian Games hadir dalam berbagai bentuk dan variasi menarik dan unik seperti berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Medali dan Lambang

Medali dan lambang Asian Games merupakan simbol keberhasilan dan prestasi atlet yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Medali emas, perak, dan perunggu diberikan kepada para pemenang dalam setiap cabang olahraga. Selain itu, terdapat juga lambang resmi Asian Games dan tahun penyelenggaraan yang sering digunakan dalam souvenir.

2. Gantungan Kunci dan Magnet

Gantungan kunci dan magnet dengan logo atau maskot Asian Games adalah pilihan souvenir yang populer dan terjangkau. Mereka adalah cara yang bagus untuk mengenang momen-momen tak terlupakan dari acara ini dan dapat digunakan sehari-hari.

3. Pakaian dan Merchandise

Pakaian resmi dan merchandise Asian Games juga sangat diminati oleh para penggemar olahraga. Kaos dengan jenis sablon berkualitas, topi, jaket, dan aksesori lainnya dengan logo atau desain terkait Asian Games bisa menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menunjukkan dukungan mereka kepada tim favorit.

4. Poster dan Cetak

Poster dan cetakan berkualitas tinggi yang menggambarkan momen-momen penting dari Asian Games juga menjadi pilihan yang populer. Mereka dapat digunakan untuk menghiasi dinding ruangan atau menjadi hadiah istimewa bagi para penggemar olahraga.

5. Koin dan Perangko Koleksi

Untuk para kolektor, koin dan perangko koleksi terkait Asian Games adalah pilihan yang menarik. Mereka sering dirilis dalam jumlah terbatas dan memiliki desain yang unik, membuat mereka bernilai tinggi di pasar koleksi.

Salah satu jenis souvenir Asian Games di Indoneisa tahun 2018
Salah satu jenis souvenir Asian Games di Indoneisa tahun 2018. Sumber Kompas

Fitur Unik Souvenir Asian Games

Salah satu hal yang membuat souvenir menarik ini istimewa adalah fitur-fitur unik yang dimilikinya:

1. Elemen Desain

Souvenir-souvenir ini dirancang dengan penuh perhatian terhadap detail dan keindahan. Baik dari aspek desain maupun aspek jasa konveksi yang menangani. Desain-desainnya mencerminkan semangat Asian Games dan kekayaan budaya tempat penyelenggaraan.  Tentunya elemen desain akan berdasarkan teman asian games dan negara tempat berlangsung kejuaraan ini.

2. Penggunaan Maskot dan Logo Resmi

Souvenir-souvenir ini seringkali menampilkan maskot resmi event tersebut. Sebagai contoh Asian Game 2018 ada Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka, sebagai maskot serta logo resmi acara. Keberadaan maskot dan logo ini menambah nilai sentimental bagi para penggemar.

3. Penggabungan Budaya

Souvenir-souvenir ini juga sering menggabungkan unsur-unsur budaya negara penyelenggara  seperti Indonesia pada tahun. Seperti motif tradisional dan seni rupa lokal, hal ini menambah keunikan dan daya tarik bagi setiap item.

4. Keberlanjutan dan Inisiatif Ramah Lingkungan

Banyak souvenir Asian Games diproduksi dengan menggunakan bahan ramah lingkungan dan metode produksi yang berkelanjutan. Ini adalah upaya untuk mempromosikan kesadaran akan lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

Ilustrasi salah satu fitur unik souvenir Asian Games
Ilustrasi salah satu fitur unik souvenir Asian Games. Sumber Fajar

Tempat Mencari Souvenir Asian Games

Berikut tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menemukan souvenir Asian Games:

1. Toko Resmi Souvenir Asian Game

Pergi ke toko resmi online Asian Games adalah cara yang mudah dan nyaman untuk mendapatkan souvenir asli dan berkualitas. Anda dapat memilih dari berbagai jenis souvenir yang ditawarkan dan memesannya langsung dari situs web resmi.

2. Toko Fisik di Negara Penyelenggara

Jika Anda berada di Indonesia, Anda dapat mengunjungi toko fisik atau gerai yang menjual souvenir Asian Games. Beberapa pusat perbelanjaan besar dan area wisata di Indonesia mungkin menawarkan souvenir-souvenir ini.

3. Marketplace Online dan Situs Lelang

Anda juga dapat mencari souvenir tersebut melalui marketplace online atau situs lelang. Pastikan untuk memeriksa keaslian dan reputasi penjual sebelum melakukan pembelian.

Faktor yang Harus Ditimbang saat Membeli Souvenir Asian Games

Sebelum membeli souvenir Asian Games Ada beberapa hal yang perlu Anda timbang, berikut diantaranya:

1. Keaslian dan Lisensi Resmi

Pastikan bahwa souvenir yang Anda beli adalah asli dan memiliki lisensi resmi dari panitia penyelenggara Asian Games. Hal ini akan menjamin kualitas dan keaslian produk yang Anda dapatkan. Terlebih jika peruntukannya untuk souvenir perusahaan eksklusif atau keperluan formal dan semi formal lainnya.

2. Rentang Harga dan Ketersediaan

Tentukan anggaran yang sesuai untuk pembelian souvenir dan cari tahu rentang harga yang ada. Selain itu, perhatikan ketersediaan souvenir yang Anda inginkan, terutama jika itu adalah edisi terbatas atau langka.

3. Kualitas dan Ketahanan

Pastikan bahwa souvenir yang Anda beli memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Anda ingin memiliki sesuatu yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama sebagai kenang-kenangan dari acara tersebut.

Ilustrasi memilih souvenir Asian Games sebelum membeli
Ilustrasi memilih souvenir Asian Games sebelum membeli. Sumber INASGOC

4. Kelangkaan dan Kolektibilitas

Jika Anda seorang kolektor, pertimbangkan untuk membeli souvenir yang langka dan memiliki nilai koleksi yang tinggi. Souvenir-souvenir seperti medali koleksi atau perangko langka dapat menjadi investasi yang berharga bagi para kolektor.

Asian games 2023 semakin dekat adanya, para atlet dan pelatih siap untuk menyongsong kejuaran menarik ini. Kemudian dibalik sengitnya kompetisi antar atlet dari berbagai negara di Asia, keseruan kejuaraan juga perlu dinantikan. Salah satunya adalah menikmati berbagai souvenir Asian games dan berbagai layanan yang disediakan di dalamnya. 

Karena event yang bergengsi ini, maka setiap produk atau souvenir yang didapatkan dalam event tersebut akan menjadi kenangan manis tersendiri. Ikuti kami terus untuk mendapatkan artikel menarik dan bermanfaat lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)