8 Tips Traveling Untuk Liburan Asyik, Hemat, Aman, dan Efisien

Tips traveling akan sangat membantu anda untuk merencanakan liburan. Baik solo travelling maupun liburan bersama keluarga. Meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh perlu dipersiapkan sematang mungkin. Sebab banyak hal di luar perencanaan dan kendali yang mungkin saja bisa terjadi.

8 Tips Traveling Untuk Liburan

Setiap orang butuh liburan untuk menyegarkan pikiran. Selain itu liburan juga bisa memperkaya wawasan dan melebarkan jaringan karena mengunjungi tempat baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Jika anda sudah terbiasa berlibur, tentu saja anda sudah familiar dengan tips-tips liburan ini. Namun jika anda baru merencanakan liburan, tips ini sangat membantu.

1. Sisihkan Anggaran Khusus untuk Liburan

Meskipun bukan menjadi kebutuhan primer, tidak ada salahnya anda menyiapkan anggaran khusus untuk liburan. Anggaran ini perlu anda persiapkan dari jauh-jauh hari. Setidaknya 3 atau 5 bulan sebelum liburan. Dengan mengalokasikan dan menyiapkan dana khusus, anda bisa tetap melanjutkan hidup setelah liburan.

Menyiapkan anggaran khusus untuk tips traveling liburan. Sumber Pfimegalife
Menyiapkan anggaran khusus untuk tips traveling liburan. Sumber Pfimegalife

2. Tentukan Tujuan Liburan Anda

Anda harus tahu ke mana anda akan berlibur. Tujuan liburan menjadi pondasi atau dasar semua rencana anda. Jarak tujuan liburan dari rumah akan menentukan seberapa banyak barang bawaan dan uang yang perlu anda siapkan. Terlebih jika anda bepergian bersama keluarga dan membawa anak-anak.

Setelah menentukan tujuan, carilah informasi sebanyak mungkin tentang tujuan liburan anda. Anda bisa mencari informasi mengenai harga tiket, kebiasaan warga sekitar, dan biaya-biaya yang mungkin anda habiskan. Dengan adanya gambaran awal, terutama biaya, anda bisa membuat estimasi dan menghindari pemalakan yang mungkin terjadi.

3. Persiapkan Transportasi Jauh-jauh Hari 

Setelah menentukan tujuan, tentukan moda transportasi yang akan anda pilih untuk berlibur. Jika anda berlibur menggunakan kendaraan pribadi, pastikan keamanannya. Cek semua mesin motor atau mobil anda. Jika ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, segera bawa kendaraan anda ke bengkel untuk mengembalikan performa terbaiknya.

Jika anda menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, bus, atau pesawat, sebaiknya anda pesan tiket jauh-jauh hari. Biasanya, tiket akan lebih mahal atau cepat habis jika memasuki musim liburan. Ada juga yang menyebutkan untuk memesan tiket pesawat di hari Selasa untuk mendapatkan harga terbaik.

Atau Anda lebih memilih menggunakan agen travel. Meski lebih besar dari sisi budget, tapi kecil dari sisi effort. Umumnya Anda akan mendapatkan layanan perjalanan yang lebih optimal. Bahkan jika Anda cukup beruntung Anda akan mendapatkan sejumlah souvenir unik. Mulai dari syal sampai dengan tiket gelang lanyard bertemakan destinasi wisata tujuan.

4. Pelajari Review Online untuk Menemukan Penginapan Terbaik

Setiap kota yang menjadi tujuan wisata biasanya memiliki banyak penginapan backpacker dengan harga bervariasi. Mulai dari hotel-hotel berbintang dengan banyak fasilitas hingga rumah kos harian yang menawarkan harga terjangkau. Sesuaikan pilihan penginapan dengan kebutuhan dan jumlah orang yang anda ajak berlibur.

Penting juga bagi anda untuk mempelajari review online dari beberapa penginapan. Pastikan penginapan yang anda pilih memiliki banyak review yang baik. Artinya penginapan tersebut benar-benar menawarkan tempat dan layanan terbaik. Tak lupa untuk menghubungi pihak penginapan untuk memastikan ketersediaan kamar.

Memperlajari review online untuk menemukan penginapan terbaik. Sumber Coxblue
Memperlajari review online untuk menemukan penginapan terbaik. Sumber Coxblue

5. Buatlah Daftar Bawaan

Anda sudah menentukan tujuan, moda transportasi, dan penginapan. Mulailah menentukan barang apa saja yang perlu anda bawa. Pertimbangkan jarak dan durasi liburan anda. Sehingga anda akan membawa barang sesuai kebutuhan, tidak kurang maupun terlalu banyak. Setidaknya, lakukan tips ini tujuh hingga tiga hari sebelumnya.

Selain pakaian, jangan lupa bawa obat-obatan pribadi, dompet berisi uang receh, pakaian dalam ekstra, handuk, charger, power bank, dan kartu identitas pribadi. Persiapan ini bisa dilakukan bertahap sambal terus memantau apa-apa saja yang belum tersedia. Kalaupun anda melupakan sesuatu, anda bisa membelinya di tempat tujuan.

6. Susunlah Jadwal Perjalanan/Itinerary

Jika kota yang anda kunjungi memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, susunlah jadwal perjalanan. Jadwal ini memuat serangkaian kegiatan dan tujuan liburan dari mulai anda berangkat hingga kembali ke rumah. Jadwal perjalanan atau itinerary membantu anda memiliki liburan yang menyenangkan dan efisien.

Mulailah menyusun itinerary dengan mengurutkan beberapa destinasi wisata yang berdekatan. Cari informasi tentang jam buka-tutupnya. Sehingga anda bisa membuat estimasi waktu kunjungan dan perjalanan anda. Cari juga referensi tempat makan yang ada di sekitar lokasi. Sehingga anda bisa menghemat waktu makan dan perjalanan.

7. Sediakan Uang Cash Secukupnya

Zaman modern membuat metode pembayaran cashless mulai merebak, apalagi di lokasi wisata. Namun tetap sediakan uang cash untuk membayar toilet umum, membeli air, atau hal-hal kecil selain biaya liburan. Pastikan uang cash yang anda sediakan cukup. Sehingga anda tidak perlu repot menukar uang untuk membayar toilet umum.

Menyediakan uang cash untuk hal-hal kecil selain biaya liburan. Sumber Jakpat
Menyediakan uang cash untuk hal-hal kecil selain biaya liburan. Sumber Jakpat

8. Selalu Terkoneksi dengan Pulsa dan Daya Baterai

Meskipun sepele, tapi pulsa dan daya baterai akan sangat penting dalam perjalanan anda. Pastikan handphone anda memiliki pulsa dan kuota data yang cukup selama berlibur. Jadi anda bisa tetap terhubung dengan keluarga atau teman perjalanan anda. Selain itu, anda bisa tetap menghubungi pihak penginapan atau transportasi.

Tak hanya pulsa dan kuota data, daya baterai handphone anda juga harus selalu terpantau. Bawalah powerbank untuk jaga-jaga jika daya baterai anda habis di tempat wisata sementara anda tidak bisa stay untuk charge handphone. Pastikan powerbank yang anda bawa memiliki daya yang penuh ya!

Demikian beberapa tips traveling yang bisa anda pertimbangkan sebelum berlibur sendiri maupun bersama keluarga. Hal paling penting yang perlu anda perhatikan adalah pastikan anda berada dalam kondisi terbaik saat berlibur. Jaga selalu kesehatan anda, terlebih mendekati jadwal liburan yang sudah anda tentukan. Simak terus tips menarik lain di website ini, ya!

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman