7 Rekomendasi Bimbel Online Penunjang Bakat Akademik

Saat ini kegiatan belajar tidak hanya dilakukan dengan tatap muka tapi bisa juga dengan daring. Ada banyak aplikasi belajar daring, ada beberapa rekomendasi bimbel online untuk pelajar dari tingkat SD hingga SMA. Tidak hanya untuk pelajar, bimbel online ini juga tersedia untuk mahasiswa dan calon PNS.

Ada banyak sekali bimbel online yang dapat dipilih untuk mendapatkan pengetahuan tambahan. Tidak sedikit juga pelajar yang sulit memahami materi disekolahan dan mengerjakan PR dirumah, maka bimbel online ini bisa memudahkan pelajar. Selain itu, di aplikasi online juga terdapat banyak bank soal.

7 Rekomendasi Bimbel Online Penunjang Bakat Akademik

Saat ini kegiatan belajar sangat mudah karena terbantu dengan teknologi yang semakin canggih. Sekarang belajar tidak hanya di sekolah maupun tempat bimbel saja. Ada banyak sekali bimbel online yang dapat digunakan untuk belajar. Nah, langsung kita simak 7 rekomendasi bimbel online penunjang bakat akademik berikut

1. Ruang Guru

Ruang Guru merupakan salah satu platform pembelajaran online yang dapat diakses menggunakan media online (Android & iOS). Aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi bimbel online karena di dalam aplikasi memiliki banyak fitur dan merupakan layanan pembelajaran yang lengkap. 

Contohnya ada video pembelajaran animasi yang menarik, rangkuman modul, latihan soal dan pembahasan yang lengkap dan masih banyak lagi.Aplikasi ini juga menawarkan bimbingan belajar untuk berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari TK/PAUD sampai SMA. 

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan guru les privat yang bisa di panggil ke rumah. Bahkan bimbel online ini sering menawarkan diskon khusus. Masih ada kelebihan yang ditawarkan oleh bimbel online ini, seperti adanya grup diskusi mata pelajaran tertentu, konseling gratis tentang minat, bakat dan sasaran jurusan yang bisa diambil di kampus favorit.

Ilustrasi bimbel online ruang guru. Sumber Ruangguru
Ilustrasi bimbel online ruang guru. Sumber Ruangguru 

Dari fitur-fitur yang sudah ditawarkan oleh Ruang Guru, sudah banyak siswa yang diterima di sekolah favorit maupun kampus favorit. Banyak juga siswa yang sudah di terima di kampus Jogja favorit, seperti di UGM, UNY dan lain-lain.

2. Zenius

Zenius merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu pelajar untuk belajar secara online. Selain menawarkan layanan video online di aplikasi, Zenius juga menawarkan video pembelajaran melalui media CD dan DVD. Dan aplikasi ini juga menawarkan layanan gratis dan juga berbayar.

Aplikasi Zenius bisa diakses melalui smartphone, yang mana menjadikan siswa mudah untuk belajar dimana saja dan kapan saja. Selain itu aplikasi bimbel ini selalu mengedepankan pengetahuan ilmiah dalam berbagai diskusi dan juga pemikiran yang kritis dan rasional. 

Kemudian selama proses diskusi para tutor akan menjelaskan teori berdasarkan konsep dasar dan bukan hanya rumus. Dan pastinya tutor yang menjelaskan juga ahli dalam bidangnya.

3. Pahamify

Pahamify merupakan platform yang ditujukan untuk para siswa sekolah menengah, karena mata pelajaran yang ditawarkan sesuai dengan pelajaran yang ada di sekolah menengah. Dan Platform ini juga menawarkan paket khusus, yaitu paket khusus untuk UTBK.

Untuk membuat suasana pembelajaran tidak membosankan, Pahamify hadir dengan video pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Kemudian terdapat fitur unggulan yaitu, flashcard dan game dari setiap bab mata pelajaran. Dan pastinya ada juga kuis diakhir pembelajaran untuk memperdalam materi.

Ditambah lagi platform ini menyediakan tutor yang menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan pastinya para tutornya juga sudah berpengalaman. Sudah ada 1 juta lebih siswa yang menggunakan platform Pahamify dan dari 8 dari 10 siswa yang mengikuti persiapan try out melalui platform ini diterima di universitas nasional.

4. Brain Academy 

Brain Academy adalah bimbel online terbesar dan merupakan bimbel live interaktif terbaik di Indonesia. Ada banyak fasilitas yang didapatkan apabila berlangganan Brain Academy ini. Fasilitas yang dimaskud adalah Live Teaching interaktif yang sudah terjadwal dengan aman yang bisa diakses via aplikasi maupun dengan Star Master Teacher.

Selain fasilitas tersebut, siswa juga bisa mengakses fasilitas Klinik PR Online yang dikerjakan bersama Master Teacher. Para siswa juga bisa berdiskusi mengenai masalah akademik dan jurusan yang akan dipilih, diskusi ini bisa diakses dengan fitur Konseling Pendidikan melalui privat video online bersama dengan guru wali.

Ilustrasi mengikuti bimbel online brain academy. Sumber Yasinyasintha
Ilustrasi mengikuti bimbel online brain academy. Sumber Yasinyasintha

Dan sudah disediakan juga laporan perkembangan anak untuk orang tua. Dan yang tidak kalah menarik setiap siswa juga diberi modul belajar lengkap untuk belajar 1 tahun yang sudah dicetak dan akan dikirim ke rumah. 

5. edX

Bimbel edX merupakan bimbel online hasil kerjasama antara dua universitas yang terkenal, yaitu Universitas Harvard dan MIT. Bimbel ini cukup berbeda dengan bimbel online lainnya, karena bimbel ini dikelola oleh universitas dengan prinsip non-profit dan open source. Maksudnya adalah di bimbel ini siapapun bisa membuat dan mengadopsi situs belajar online nya sendiri.

Bimbel edX ini juga memiliki sekitar 1038 materi pelajaran yang tentunya bisa diakses secara gratis. Materi yang sudah bisa diakses mulai dari TOEFL Preparation, seni dan budaya, hingga arsitektur. Dan bila sudah menyelesaikan materi di bimbel ini akan diberi Verified Certificate dan membayar biaya yang sudah ditentukan.

6. Khan Academy

Khan Academy merupakan platform belajar yang tertua di Indonesia, karena Khan Academy didirikan pada tahun 2006. Untuk memudahkan proses belajar bimbel online ini juga menyediakan video dan latihan soal yang dapat memudahkan pembelajaran. 

Dan yang tidak kalah menarik adalah platform ini menawarkan belajar sesuai dengan pengelompokannya. Contohnya seperti Aritmatika, Kalkulus, Trigonometri dan Geometri. Dan materinya juga sudah dibagi-bagi sesuai dengan pendidikan. Disini juga menawarkan persiapan ujian SAT, MCAT atau GNAT

7. Coursera

Courser merupakan bimbel online yang disediakan oleh beberapa universitas dunia, yaitu universitas Oxford, John Hopkins University, Stanford, UC San Diego, dan lainnya. Di bimbel online ini juga bisa diakses oleh mahasiswa karena Coursera menawarkan pelajaran kuliah. Dan yang paling menarik bimbel ini telah diikuti puluhan ribu peserta.

Selain itu bimbel ini juga menawarkan kelas gratis, karena bertujuan untuk untuk memperluas akses pendidikan di seluruh dunia. Dan adapun bimbel yang berbayar, hal ini ditujukan untuk siswa yang ingin memperoleh materi yang lengkap dan memperoleh sertifikat.

Ilustrasi kelas gratis coursera. Sumber Techkipm
Ilustrasi kelas gratis coursera. Sumber Techkipm

Jika anak-anak anda ingin diterima di sekolah ataupun universitas impian yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk langkah awal anda bisa menyarankan anak anda untuk mengikuti bimbel atau kursus yang ada. Baik online maupun offline. Untuk opsi offline di Jogja ada bimbel AHE di Bantul dan masih banyak lagi.

Itulah rekomendasi bimbel online yang penunjang bakat akademik, bimbel online juga bisa menjadi rekomendasi untuk anda memulai bisnis online. Bagaimana apa anda tertarik mencoba salah satunya?

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Mangokal Holi Suku Batak

5 Rekomendasi Klinik Gigi Anak Di Jogja Yang Nyaman Dan Aman

Daftar Jasa Interior Desain Ruang Rapat Di Jogja (6 Perusahaan)